Bisnis affiliate salah satu pekerjaan menguntungkan tahun 2022

marketing bisnis

GtDuit.com - Affiliasi adalah strategi marketing yang sangat menguntungkan, baik bagi para affiliator ataupun pelaku bisnis. Dengan menggunakan program affiliasi pemilik bisnis tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membayar iklan. Affiliasi juga menguntungkan orang lain, sistem affiliasi bekerja dengan cara berbagi hasil dengan sistem persentase.

Cara ini tentunya lebih efektif dibanding memasarkan produk secara mandiri menggunakan iklan. Affiliasi adalah strategi pemasaran dengan harga yang terjangkau, sekarang sudah banyak program-program yang menawarkan affiliasi pada layanan mereka.

Dalam konsep affiliasi, siapa saja bisa bergabung, semakin banyak affilator yang bergabung makin besar juga potensi jangkauan suatu bisnis. Affiliasi jelas lebih murah, para pebisnis dan affiliator di untungkan dari setiap penjualan produk. Dengan sistem bagi hasil komisi persentase misalnya, pembagian keuntungan 15% maks 10.000 artinya affiliator akan dibayar 15% dari total harga barang yang berhasil terjual..

Saat ini sedang tren affiliate shopee. Banyak pemilik sosial media serta akun alter bergabung menjadi mitra shopee. Shopee sangat di minati lantaran menyediakan komisi yang besar untuk setiap pembelian produk maks 10.000. Selain komisi yang besar, sistem shopee yang bisa menyimpan cookies pengguna selama 7 hari juga menjadi pertimbangan.

Dalam artikel ini, aku tidak akan berbagi bagaimana memulai affiliasi shopee. Tapi aku akan bercerita bagaimana cara efektip untuk menjadi affiliator terbaik. Ini bukanlah tips khusus, masih ada marketer yang lebih profesional di bandingkan apa yang aku share hari ini.

Sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu, kalau affiliasi tingkat persainganya sangat tinggi. Apalagi teknologi sekarang yang sudah sangat canggih, semua orang bisa menjadi marketer dengan mudah. Bisa di buktikan dengan banyaknya tautan affiliasi di facebook, dan youtube. Kebanyakan mengarah ke shopee. Berikut ini ada sedikit tips buat yang mau memulai bekerja sebagai marketing affiliator.



Persiapan Sebelum menjadi seorang marketer

Sebelum melintang dalam dunia promosi, kamu harus mengetahui ilmu dan strategi cara pemasaran yang baik. Saat ini jenis pemasaran yang paling banyak digunakan adalah content based. Jenis pemasaran ini lebih mengutamakan konten dibanding ber promosi.

Dengan konten kita bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli. Pastikan kamu bisa mencari bahan konten yang tepat dan juga saling relevan dengan produk yang akan di promosikan. Ini pentint loh, tujuanya agar iklan yang kita promosikan mencapai target orang yang tepat.

Itulah sebabnya banyak seorang marketer profesional membuat halaman mereka dan mengisi halaman tersebut dengan konten-konten yang menarik menarik dan saling berkaitan satu sama lain. Selain konten yang menarik ada lagi hal penting yang wajib di perhatika, khususnya pengguna media sosial.

Bagian terpenting dalam sebuah Marketing adalah interaksi. Interaksi bisa membuat semua algoritma bergerak bahkan semua layanan sosial media menggunakan algoritma ini untuk merekomendasikan suatu konten ke orang lain dengan minat yang sama.

Jika kamu tidak mempunyai sebuah halaman grup atau kolam bisa menjadi solusi untuk mempromosikan suatu produk. Arti kata kolam di sini adalah, grup atau channel telegram yang berisi ribuan orang di dalamnya. Dan orang-orang ini menjadi pengguna aktif dalam grup tersebut.



Jangan Terlalu ambisius berpromosi

Tidak semua orang menyukai iklan, tapi tidak ada salahnya kalau bisa mengelolah konten dengan baik. Prinsipnya gini, pengguna media sosial itu mencari hiburan. Dan kita sebagai marketer harus bisa mengelolah konten dan menggabungkanya dengan iklan tanpa menghilangkan citra dari konten tersebut.

Minat antara satu orang dengan orang lainnya pastinya sangat berbeda, jika kamu tidak bisa menggabungkan iklan dengan konten, dan lebih memilih jedah antara konten dengan iklan. Hal fatal akan terjadi, sebagian penonton akan kabur, dan ini bisa menjadi mimpi buruk bagi marketing sebab jangkauan postingan kita akan menurun karena kurangnya interaksi.

Jadi perhatikan dengan baik, agar kamu juga mengedepankan interaksi antara penggemar dengan konten. Jika penggemar kamu senang, sudah pasti strategi pemasaranya akan laris.



Pilih media yang tepat sesuai dengan bakat

Memilih media yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat Marketing adalah hal yang penting diperhatikan. Jangan ikut-ikut orang lain karena itu akan sia-sia. Jika Kamu berbakat dalam membuat karya tulis yang bagus, enak dibaca mungkin menjadi penulis blog adalah Salah satu cara terbaik yang bisa kamu coba.

Saya sendiri sebelumnya tidak menpunyai bakat menulis. Hanya dengan menggunakan Halaman Penggemar facebook, saya memposting konten berupa gambar kucing, dan sekumpulan video-vidio kucing di halaman saya. 2 bulan pertama, jumlah pengikut halaman saya sudah banyak.

Ternyata ada banyak orang yang mempunyai hobi dan kecintaan terhadap kucing. Pastinya mereka mempunyai hewan peliharaan di rumahnya, sembari kita memposting konten yang direupload ulang kita bisa mempromosikan makanan kucing. Caranya dengan menyematkan tautan pada setiap konten yang kita posting.



Harus bisa melawan rasa malas

Bermain afiliasi lewat sosial media memang tidak cukup hanya dengan satu postingan saja. Berbeda jika kita menggunakan media tulis berupa blog atau website. Kalau menggunakan blog hanya dengan satu atau dua artikel saja Kita juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan komisi secara terus menerus. Itulah sebabnya banyak perusahaan yang membuat blog mereka sendiri dan mengisi dengan konten sendiri.

Sekelas perusahaan besar sudah banyak yang menyadari kalau promosi menggunakan pencarian organik itu sangatlah penting. Bagaimana tidak orang yang membutuhkan biasanya akan menggunakan mesin pencari untuk mencari apa yang ia butuhkan. Harusnya memberikan informasi yang tepat untuk menjawab pertanyaan dari pengguna pengguna internet. Di sinilah para pebisnis bisa mendapatkan klien atau pembeli mereka yang tepat sasaran.

Untuk menjadi afiliator berbasis sosial media, dan untuk mempertahankan engagement akun. Kita wajib memposting konten paling minimal 1 minggu sekali. Hal ini adalah hal wajib untuk mendapatkan interaksi dari setiap penggemar yang sudah memfollow akun kita.

Seandainya kamu tidak pernah memposting apapun lebih lama dari satu minggu atau hingga 1 bulan. Pasti jangkauan akun yang kita buat tersebut akan tenggelam. Dan jika jangkauan tenggelam semua postingan yang ada di halaman atau akun kita tidak akan pernah lagi dilirik oleh banyak orang.

Fungsi utama dari afiliator menggunakan akun sosial media adalah berani memposting konten cara rutin dan konsisten setiap hari. Apakah kamu pernah melihat halaman Facebook yang di mana setiap hari memposting hampir lebih dari 10 postingan.



Peehatikan platform yang akan kamu promosikan

Untuk menjadi seorang afiliator kamu juga harus memperhatikan website atau layanan yang akan kamu promosikan. Jika perlu kamu wajib mencoba salah satu dari produk yang dijual. Jangan sampai kamu mempromosikan produk yang jelek atau tidak berharga di mata pelanggan. Ini mencakup kredibilitas kamu sebagai afiliator.

Jika kita terus mempromosikan produk yang KW/mempunyai masa pakai pendek. Kemungkinan di kemudian hari para follower yang ada di akun kita akan enggan mengklik atau membeli produk yang kita promosikan. Tapi sekarang memang banyak sih produk yang after salesnya jelek. Alangkah baiknya jika kamu memeriksa testimoni dari pelanggan lain sebelum mempromosikan suatu produk.



Jangan melebih-lebihkan produk buat menarik pembeli

Berusahalah untuk tetap jujur sebagai seorang afiliator, Jangan hanya karena kamu mendapatkan komisi kamu mau membohongi para penggemar agar mau membeli produk yang kamu promosikan. Seorang afiliator dan sekaligus content Creator paling jujur adalah David Gatget In. Pada channelnya dia sering membeli gadget baru untuk di review pada channelnya. Dan dia juga bisa mempromosikan gadget tersebut menggunakan tautan affiliasi Jika ia mau.

Berdasarkan pengalaman aku dapatin, sebagian besar calon Konsumen akan melihat review terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli suatu produk. Itulah sebabnya konten berbasis review produk sangat laku di pasaran per youtube-an. Dan lebih beruntung lagi bagi kita apabila ada calon konsumen yang tertarik untuk mengklik atau membeli produk lewat tautan afiliasi yang sudah kita sediakan.



Sampai di sini Apakah kamu sudah mempunyai suatu gambaran dan ingin menjadi seorang affiliator? Sebaiknya siapkan terlebih dahulu kolam agar kamu bisa menjadi seorang afiliator nantinya. Kolam yang saya maksud bisa berupa channel YouTube yang sudah diisi konten, halaman Facebook yang sudah banyak pengikut dengan konten yang saling relevan, atau grup manapun. Selagi kamu berhasil menampung ribuan orang dalam suatu komunitas maka kamu bisa mempromosikan sebuah bisnis.

Scroll To Continue