Kamu wajib tahu, Gelar pada dokter gigi dan cakupan kerja nya

Dokter spesialis gigi dan mulut

GtDuit.com - Ketika mengalami masalah kesehatan gigi biasanya kita akan datang ke puskesmas. Tempat pelayanan kesehatan yang di sediakan oleh pemerintah. Tapi sayangnya faskes yang ada di sana lengkap, terkadang kita di rujuk ke rumah sakit daerah ( RSUD ) jika alat fasilitas kesehatan di faskes pertama tidak ada.

RSUD mempunyai fasilitas kesehatan yang lengkap, dan berbagai jenis dokter spesialis. Dan untuk dapat masuk ke sana kita harus antri dengan ratusan pasien lainnya. Bagi sebagian orang mungkin tidak mau menunggu lebih lama. Selain itu tidak semua RSUD mempunyai dokter spesialis yang lengkap, terkadang kamu harus di rujuk kembali ke luar kota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis dokter gigi dan wilayah cakupan kerja mereka. Penulis tahu, hanya sedikit orang yang mengetahui dokter gigi punya banyak cabang, selain itu mereka hanya mengetahui dokter gigi umum.

Dokter gigi spesiali jumlahnya tidak banyak, informasi ini mungkin berguna untuk kamu yang mengalami masalah kesehatan gigi. Sehingga kamu bisa datang dan berkonsultasi pada dokter gigi yang tepat. Jangan sampai salah, beda dokter beda pengalaman.

Dokter gigi adalah ahli yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merawat gigi, mulut, dan jaringan sekitarnya. Ada beberapa jenis dokter gigi yang memiliki spesialisasi tertentu dalam bidang kesehatan gigi dan mulut. Berikut adalah jenis-jenis dokter gigi, gelar yang mereka miliki, dan pekerjaan yang mereka lakukan:


Dokter Gigi Umum (Drg.)
Dokter gigi umum adalah dokter gigi yang merawat gigi dan mulut secara umum tanpa spesialisasi tertentu. Dokter gigi umum melakukan pemeriksaan gigi dan mulut, membersihkan gigi, melakukan penambalan gigi, dan juga memberikan saran dan nasihat tentang kesehatan gigi dan mulut secara umum.

Ortodontis (Sp.Ort)
Ortodontis adalah dokter gigi yang spesialisasi dalam merawat dan mengatasi masalah gigi yang tidak rata dan susunan gigi yang tidak normal. Ortodontis menggunakan alat khusus seperti kawat gigi dan alat perekat untuk merapikan gigi dan memperbaiki susunan gigi pada pasien.

Endodontis (Sp.KG)
Endodontis adalah dokter gigi yang spesialisasi dalam merawat masalah gigi yang terkait dengan jaringan di dalam gigi, seperti perawatan akar gigi atau perawatan saluran akar. Endodontis melakukan prosedur root canal atau perawatan saluran akar untuk menghilangkan infeksi atau masalah lain pada jaringan di dalam gigi.

Periodontis (Sp.Perio)
Periodontis adalah dokter gigi yang spesialisasi dalam merawat masalah gigi yang terkait dengan jaringan pendukung gigi, seperti gusi, tulang, dan ligamen. Periodontis merawat masalah seperti penyakit gusi, radang gusi, dan penyangga gigi.

Implan Dokter Gigi (Sp.BM)
Implan dokter gigi adalah dokter gigi yang spesialisasi dalam merawat masalah gigi yang terkait dengan implant gigi, yaitu pemasangan gigi palsu yang menempel pada tulang rahang. Implan dokter gigi melakukan pemasangan dan perawatan gigi palsu pada pasien.

Pedodontis (Sp.KGA)
Pedodontis adalah dokter gigi yang spesialisasi dalam merawat gigi anak-anak dan remaja. Pedodontis melakukan perawatan gigi dan mulut pada anak-anak dan remaja, termasuk penambalan gigi, perawatan saluran akar, dan pembersihan gigi.

Oral Surgeon (Sp.BM)
Oral surgeon adalah dokter gigi yang spesialisasi dalam melakukan operasi gigi dan mulut, termasuk ekstraksi gigi, pengangkatan tumor mulut, dan rekonstruksi rahang. Oral surgeon juga melakukan pemasangan implant gigi dan perawatan gigi yang rumit.


Di daerah anda mungkin tidak tersedia semuanya, sulit untuk menemukan dokter gigi spesialis dibandingkan dokter gigi umum. Tapi kamu bisa melihat akun sosial media dari dokter gigi tersebut, ada dokter gigi yang sering membagikan tips atau cara menangani kasus permasalahan kesehatan gigi serta menyertakan hasil setelah selesai.

Jangan lupa untuk melihat ulasan rating dari dokter tersebut di Google Maps,bisa jadi dokumentasi video sosial media yang di berikan hanyalah sebuah pencitraan belaka. Tiap dokter punya pengalaman yang berbeda, tidak semua kasus kesehatan gigi dan mulut dapat di tangani oleh satu dokter.