Cara meredahkan gatal saat mencukur rambut pubis

how to shaving for mens.jpg
Saya menggolongkan rambut sebagai bagian dari kebersihan. Khususnya rambut di sekitar kemaluan, untuk lebih jelas. Saya menyebutnya sebagai rambut pubis atau rambut bikini line.  Kneapa harus di cukur? Menurut saya, rambut di area ini wajib sekali  di cukur dan merupakan bagian dari kebersihan.

Fungsi dari rambut kemaluan adalah untuk menjaga agar area sensitif tersebut tidak terlalu banyak terkena gesekan, mencegah iritasi, serta menjaga kelembaban kulit. Meskipun ada fungsinya, saya rasa perlu di cukur, entah itu di cukur habis atau di potong pendek sebagian.

Mencukur rambut area pubis menjadi lebih menantang dan juga tidak mudah. Faktanya ketika kita mencukur, pada masa pertumbuhan akan terasa sangat gatal sekali. Gatal di sebabkan karena adanya dorongan dari rambut bagian atas menekan ke dalam. Gatal juga bisa di sebabkan oleh bagian ujung rambut yang runcing, sementara bagian pori-pori tempat keluarnya rambut sudah tertutup oleh kulit.

Pertumbuhan rambut pada setiap orang berbeda-beda, ada yang rambutnya lebih banyak dan lebat, ada juga yang sedikit dan halus. Rambut pada perempuan umumnya lebih halus, sementara pada laki-laki biasa lebih kasar dan banyak. Faktor pertumbuhan rambut di pengaruhi oleh hormon dihidrotestosteron dan androgen.

Hormon tersebut sangat mempengaruhi kesuburann folikel yang membuat rambut dapat tumbuh lebih banyak. Jika kita mencukur rambut secara sembarang, bukanya akan lebih baik. Tapi rambut akan tumbuh lebih banyak, bahkan salam satu akar akan tumbuh lebih dari satu rambut.

Saya punya pengalaman dalam mencukur rambut pubis selama beberapa tahun terakhir. Rambut sekitar pubis saya baru tumbuh sempurna pada kelas satu SMP, awalnya ia sangat halus. Namun yang menarik adalah langsung panjang dan keriting.

Seperti yang di sebutkan sebelumnya, hampir di sebagian besar tubuh manusia di tumbuhi oleh rambut. Kita saja tidak terlihat, rambut ini sebenarnya sudah tumbuh halus. Nah pada masa pertumbuhan remaja, beberapa rambut pada tubuh akan mengalami tingkat kematangan yaitu menebal, dan warna nya juga berubah menjadi lebih hitam.

Awal pertama tumbuh, saya menggunakan pinset dan mencabut rambut satu persatu. Menggunakan pinset ternyata tidak mempunyai efek lebih baik, rambut bisa tumbuh kembali dalam waktu cepat. Ketika tumubuh ke permukaan kulit, bahkan ukuran nya sudah lumayan besar dan tebal ( tidak seperti pada siklus pertumbuhan rambut dari awal ).

Efek gatal, dan rambut yang tumbuh ke dalam kulit juga tidak dapat di hindari. Saya sudah merasakanya, dulu ketika duduk di bangku kelas 7 SMP. Rasa gatal yang mempengaruhi benar-benar membuat tidak nyaman. Sampai pada akhirnya ssaya memutuskan untuk berhenti mencukur rambut, selama berhenti rambut saya tidak pernah berhenti mengalami pertumbuhan.

Rambut terus tumbuh panjang dan semakin lebat. Hal inilah yang membuat saya menjadi tidak nyaman, semakin panjang ternyata semakin menganggu. Tak jarang ketika pelajaran olahraga rambut menyangkut di celana dalam yang menyebabkan rasa sakit berdenyut.

Sejak saat itu dari umur 15 tahun hingga umur 24 saya rutin melakukan pemotongan rambut, pemotongan menggunakan gunting kecil. Saya hanya memotong dan memberikan rambut pendek 1 cm saja. Itu bisa bertahan selama 3 minggu lama nya sebelum akhirnya panjang kembali.

Pada umur 24 tahun, saya akhirnya tertarik untuk mencoba perawatan rambut agar dapat di hilangkan secara permanent. Satu alasan kenapa saya harus bersihkan, karena saya ingin sekali menjaga kebersihan dan estetika area tersebut. Dengan di tumbuhi oleh rambut membuat kita nampak seperti tua, terkadang tidak bisa atau malu mandi bersama teman ( sesama cowok ).

Kenapa bisa malu? Karena di antara kita ada dari mereka yang pubis nya bersih, tidak di tumbuhi rambut. Menurut saya tumbuhnya rambut akan menjadi bahan ejekan, meskipun kita mandi di air panas yang berada pada ruang private room. Tetap saja menjadi rasa malu jika menggunakan pakaian yang tipis.

Pada tahun 2023 kemarin, saya menemukan alat yang sudah lama di idam-idamkan. Alat tersebut bernama IPL hair removal. Kalau dulu, pengen menggunakan alat ini tidak bisa semabarang. Harus datang ke klinik kecantikan, dan treatment dilakukan oleh pakar profesional yang berpengalaman.

Jaman semakin canggih, saya memutuskan untuk membeli home devices agar bisa treatment sendiri. Lagian harganya jauh lebih murah dibandingkan treatment di klinik kecantikan, per sesi di butuhkan biaya konsultasi, biaya untuk obat-obatan, biaya lain-lain, dan biaya sesi treatment dengan total bisa mencapai 1 jutaan.

Singkat cerita, alat ini telah membantu dalam mencukur rambut. Kalau versi sebelum menggunakan IPL ketika habis shaving, akan muncul rasa gatal sepanjang hari dan membuat tidak nyaman. Sekarang setelah di iringi menggunakan alat tersebut, ketika habis shaving rasa gatal muncul sedikit.

Pertumbuhan rambut juga perlahan mulia berkurang, saya butuh 1 tahun untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna. BUkan berarti alat nya tidak berfungsi, memang butuh waktu juga. Alat IPL hair removal akan mengacaukan siklus hidup dari folikel rambut.

Ketika siklus hidup nya terganggu maka kualias rambut yang tumbuh akan mengalami kehancuran, kekurangan protein, dan rambut akan menjadi rapuh dan rontok dengan sendirinya. Rambut tersebut sudah kehilangan kekuatan, bahkan tidak mampu menyebabkan tekanan pada kulit yang dapat memicuh rasa gatal.

Ingat saya butuh 1 tahun lama nya dengan treatment rutin mengikuti jadwal.

  • Pada fase penggunaan pertama, di sarankan untuk mencukur rambut terlebih dahulu sampai bersih. Jika tidak ingin gatal sisakan 0.5CM di atas kulit.
  • Setelah cukur, lakukan treatment IPL waktu untuk treatment selama 1 bulan pertama lakukan 2x dalam seminggu secara rutin.
  • Memasuki fase bulan ke dua, rambut akan tumbuh lebih lama. Kamu bisa treatment selama 1x dalam seminggu akan terasa bedanya.
  • Terkadang ketika rambut sudah tumbuh lebih lama, banyak dari kita lalai dan membiarkanya lebih lama. Bahaya, itu akan membuat rambut tumbuh kembali.
  • Untuk proses selanjutnya tergantung tingkat hormon, silakan cek penjelasan di bawah ini.

fase pertumbuhan pada rambut dan kulit.jpg

Pada laki-laki hormon pada testoteron nya lebih banyak, hormon ini merangsang pertumbuhan rambut di area tersebut. Tak heran kalau pada pria mempunyai lebih banyak rambut yang tumbuh pada sekitar area tubuh nya. 

Nah untuk menceganya adalah rutin melakukan treatment dalam jangka waktu minimal sebulan 3x treatment. KIta bisa mencukur bila rambutnya sudah mencapai tahap pertumbuhan, kenapa wajib? karena bila di biarkan rambut tersebut akan tumbuh kembang seperti biasa, ia akan menebal dengan sendirinya mencapai kematangan yang sempurna.

Khusus bagian area scrotum/kulit zakar : kulit zakar adalah kulit yang paing tipis pada laki-laki. Mungkin ada yang bertanya, apakah area scrotum boleh di cukur? jawabnya boleh, tapi dengan menggunakan pisau cukur standar bukan alat cukur biasa. Alat cukur standar biasanya lekukan antara pisau cukur dan lekukan pembatas lebih akurat, sehingga dapat meminimalisir terjadinya luka.

Saya menggunakan pisau cukur berjenis saveGo atau terkadang Gillet. Belinya bisa 1 bulan sekali, asalkan dalam pemakaian harus di bersihkan rutin setelah pemakaian. Bagaimana cara mencukur area kulit zakar? berikut ini panduan pribadi.

  • Gunakan busa cukur, busa cukur dapat memberikan efek licin pada kulit dan mempercepat proses pencukuran.
  • Tarik dua bagian kulit zakar membentuk area lurus yang rata, bisa menggunakan tangan. 
  • Pada area lurus tersebut, cukur secara perlahan, rambut akan terpotong ketika bersentuhan dengan pisau cukur.
  • Ulangi langkah ini secara terus menerus, sampai semua rambut habis.

Selama pencukuran hindari mencukur kulit skrotum pada saat mengerut, biasanya jika kulit mengerut itu menandakan area sekitar sangat dingin sehingga memicuh sistem kulit untuk menaikan telur untuk membuatnya tetap hangat. Jika menggunakan air dingin dapat membuat kulitnya mengerut, sebaiknya gunakan air hangat kompres dengan air hangat sedikit saja untuk membuat kulitnya sedikit mengendur dan lebih mudah untuk menarik lurus. Ketuk dua kali pada gambar untuk melihat progress..

Semua gambar ada di sini

Pada gambar tersebut saya menggunakan 2 jari untuk merekah bagian kulit, dan membuatnya menjadi lebih kencang. Teknik ini akan membuat proses mencukur akan menjadi lebih mudah, dan tidak melukai kulit. Sebenarnya teknik tanpa merekah juga bisa, tanpa melukai kulit,hal ini dikarenakan pisau cukur pada alat cukur modern sudah lebih baik. Namun tetap saja kewaspadaan jauh lebih penting meskipun sudah aman.

Selalu ingat, IPL wajib di gunakan, jika mencoba menghentikan penggunaan IPL maka rambut akan tumbuh kembali secara perlahan. Rasanya tidak mungkin bisa menghilangkan rambut secara permanent, mengingat pada tubuh manusia mempunyai sebuah siklus sendiri yang mendukung untuk terbentuknya rambut.

Bahkan para artist, salebgram, maupun aktor terpopuler mereka menggunakan perawatan yang mahal untuk mendapatkan kulit halus bebas rambut. Treatment terkadang di campur dengan peremajaan kulit. Peremajaan kulit di lakukan untuk mencegah kulit menghitam sebagai akibat dari penggunaan IPL hair removal, ini di sebut juga sebagai hyper pigmentasi.

Cara mencukur yang saya sebutkan di atas efektif menghilangkan gatal 85% dari, pengalaman gatal hanya akan berlangsung pada fase pertama, dan tidak akan muncul pada fase fase selanjutnya.