Peket data anak muda, lebih murah dan fleksibel dengan By.U

ISP penyedia layanan seluler di indonesia

GtDuit.com - Tidak banyak provider gsm yang menyediakan jaringan internet seluler dengan jaringan yang bisa mengkover semua wilayah di indonesia. Cuma operator pelat merah saja yang bisa menjangkau daerah terpencil, bahkan itu saja juga tidak semuanya mendukung.

Penulis tinggal di sebuah kota kecil, dulunya hutan sekarng memang masih hutan akan tetapi sudah lumayan banyak penduduk yang tinggal di sini. Kami hanya di cover oleh Sebuah menara BTS yang jaraknya 2KM dari sini, dan bts tersebut di miliki oleh provider pelat merah.

Satu unit BTS mungkin bisa di sewa oleh provider lain, sebelumnya pernah menggunakan beragam provider seluler seperti axis, xl, smarfreen, ceria, im3, indosat, dan telkomsel. Tapi hingga kini sudah 10 tahun berlalu tetap saja penyedia jasa pelat merah yang paling unggul.

Dengan harga yang cukup mahal provider pelat merah tidak mengalami perkembangan, hanya golongan jaringan saja yang berubah. Kalau sebelumnya kita menikmati akses internet yang super lemot parah kini bisa menonton video full HD 1280px dengan kecepatan jaringan 2MBPS.

By.U menjadi pilihan utama bagi penulis sebagai penyedia jaringan seluler untuk penggunaan pribadi yang bisa di bawa kemana-mana. Penulis membeli paket data 2Mbps, 150rb/bulan. Paket ini hanya tersedia bagi pendaftar sebelum bulan mei 2022.

Paket unlimited hanya di batasi oleh waktu dan kecepatan jaringan. Salah satu alasan kenapa penulis memilih paket ini adalah karena borosnya penggunaan kuota internet pada ponsel android.

Boros kuota oleh aplikasi yang menayangkan iklan secara realtime tanpa meminta izin, baca berita video iklan di putar otomatis, hingga update aplikasi yang secara rutin memperbaruhi dirinya sendiri.

Tidak ada cara lain untuk menghemat kuota. Jika penulis membeli kutoa data paketan dengan batas MB tertentu, kuota tersebut sudah pasti akan habis dalam waktu yang singkat. Ini karena paket data berbasis hitungan kuota mempunyai kecepatan yang lebih tinggi maksima; 5Mps kalau sedang sepi.

Tanpa di batasi oleh bandwidth isp, ketika kita baca berita saja video iklan overlay sudah di muat lebih cepat kurang dari 1 menit. Sehingga bisa langsung tayang di layar tanpa perlu mengunduh file lebih lama, itulah tekadang yang membuat kuota cepat tersedot habis.

Kemudian Youtube, dan platform video streaming lainya bisa mendeteksi kalau jaringan internet sangat lancar sehingga mereka akan mengubah resolusi video streaming ke versi yang lebih tinggi untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih. Ini sangat terasa sekali, ketika penulis tathering pada laptop.

Play video dengan kuota 10MB/24 jam, video Youtube yang kami play resolusinya mencapai 4K paling tinggi. Penulis juga mendapati aplikasi yang di perbaruhi otomatis bisanya membutuhkan waktu 10-30 menit untuk menguduh file 100MB.

Dengan kecepatan operator plat merah ini, kurang dari 1 menit pembaruhan terjadi di perangkat penulis. Android yang penulis gunakan bahkan penuh akibat aplikasi yang memperbaruhi data dengan cepat.

Kalau pengalamanya menggunakan paket data berbasis kuota dengan batasan kuota tertentu memang menyenangkan, pengalaman yang didapat cukup puas. Dimana semua konten berasa tidak perlu menguduhnya lagi, tidak ada pramuat atau preloader video.

Tapi balik lagi ke kantong, penulis memilih paket data by.u karena murah dan batas fup nya 100GB serta di lengkapi dengan bandwidh limiter sebesar 2MBps. Penulis tidak perlu khawatir soal pihak ketiga yang menyedot kuota secara diam-diam dengan memberikan konten berukuran besar.

Pada intinya operator byu adalah anak prusahaan yang di sediakan oleh telkomsel, dan di khususkan untuk anak muda yang ingin fleksibilitas dalam pembelian paket data. Kalau sebelumnya kita sering pergi ke counter pulsa untuk membeli paket data, kini cukup bayar menggunakan e-wallet saja.

Sudah banyak tersedia metode pembayaran Ada Gopay, Shoppepay, Dana, LinkAja. Sekarang lagi ada Qris, yang memungkinkan pelanggan membayar dengan berbagai aplikasi pembayaran yang mendukung qris. Dari data BI ( Bank Indonesia ) Qris adalah metode pembayaran yang saling mengintergrasikan berbagai sistem pembayaran yang ada.

Jadi dengan Sebuah QRIS kita bisa scan dan bayar dengan aplikasi apa saja, yang penting aplikasi tersebut sudah tergabung dalam metode penerimaan dana yang di sediakan oleh Bank Indonesia.

Terimakasih sudah membaca cocotan penulis, lain kali kami akan membahas banyak hal mengenai informasi teknologi dan keuangan. Mungkin saat ini kemampuan memahami dari penulis sangat rendah, hingga berdampak pada cara penyampaian yang tidak mudah di pahami.

Scroll To Continue