Warga Karang Raja Muara Enim Menanti Siaran TV Analog Usai ASO

selamat datang di kab muara enim

Sudah 12 bulan sejak Analog Switch Off (ASO) dilakukan di Indonesia, namun warga di wilayah Desa Raja, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, hingga kini belum bisa menikmati siaran TV Digital.

ASO merupakan kebijakan pemerintah yang diberlakukan untuk meningkatkan kualitas siaran TV di Indonesia. Dalam kebijakan ini, siaran TV analog dihentikan dan digantikan dengan siaran TV digital.

Pemerintah menargetkan ASO selesai di seluruh Indonesia pada 2 November 2022. Namun, pada kenyataannya, masih ada beberapa wilayah yang belum bisa menikmati siaran TV digital, termasuk wilayah Desa Karang Raja, Muara Enim.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan meminta bantuan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mengusulkan pembangunan BTS transmisi di wilayah Karang Raja. Namun, hingga kini, usulan tersebut belum disetujui oleh Kominfo.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim, M. Ridwan, pembangunan BTS transmisi di wilayah Karang Raja membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Kami sudah mengusulkan pembangunan BTS transmisi di wilayah Karang Raja, namun usulan kami belum disetujui oleh Kominfo. Alasannya, pembangunan BTS transmisi membutuhkan anggaran yang cukup besar," kata Ridwan, seperti dikutip dari Antara News, Selasa (20 Juli 2023).

Sementara itu, warga Karang Raja mengaku kecewa dengan lambannya penanganan masalah ini oleh pemerintah. Mereka berharap pemerintah segera mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah ini.

"Kami sudah lama menunggu siaran TV digital. Namun, hingga kini, kami masih belum bisa menikmatinya. Kami berharap pemerintah segera mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah ini," kata salah seorang warga Karang Raja, Andi.

Penulis pun juga sama, warga Desa Karang Raja, Muara Enim, Sumatera Selatan, sangat kecewa dengan lambannya pembangunan infrastruktur digital di wilayah kami. Padahal, sudah 12 bulan sejak ASO dilakukan, namun kami masih belum bisa menikmati siaran TV digital.

Per tanggal 4 September 2023, penuis mencoba membeli digital STB T2 penerima signal siaran digital, namun kecewa pembelian tersebut tidak membuahkan hasil. STB T2 tidak mendapatkan cakupan signal di wilayah Desa Karang Raja. Bahkan, seorang teknisi praktisi parabola/dan siaran televisi mengatakan kepada saya, percuma beli STB karena belum ada cakupan BTS transmisi tv digital unutk wilayah Desa Karang raja.

Saat ini penulis sudah mengirim surat ke Kominfo Pusat untuk permintaan pengaduan agar wilayah kami juga di perhatikan. Saya berharap pemerintah segera mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah ini.